10/09/2012

15 tips ber arung jeram bagi pemula

Postingan ini dikhususkan bagi pemula saja ya, yang sudah profesional dilarang membaca karna akan menyebabkan gangguan jiwa kebanyakan ketawa.. hehe..


Pilihan wisata sangat banyak termasuk pilihan wisata arung jeram yang kini sedang marak. Banyak yang baru pertama kali mencoba atau bahkan g bisa berenang tapi penasaran dan pengen banget nyoba berarung jeram. 

Nah, disini akan saya share beberapa tips bagi anda yang baru pertama berarung jeram.

1. Pilihlah operator penyedia jasa arung jeram yang terpercaya. Mulai dari contact yang jelas dan bisa dihubungi secara lancar, mempunyai website yang secara tidak langsung menunjukan bahwa mereka memiliki strategi pemasaran yang baik. Jangan memilih operator yang di hubungi no nya g aktif !!

2. Pilihlah paket arung jeram lengkap yang menyediakan lunch, kelapa muda, asuransi, sertifikat dsb. 

3.  Bila memilih paket arung jeram yang menyediakan asuransi dan sertifikat maka pastikan mereka meminta daftar nama dari anda, biasanya mereka akan meminta anda mengisi form daftar nama yang mereka siapkan beberapa hari sebelum hari H. Curigalah pada operator yang meminta daftar kekayaan !! :p

4. Bagi pemula pilihlah grade III dan pilihlah sungai yang aman (sungai elo magelang cukup baik), bila merasa sudah berpengalaman silahkan memilih sungai yang medannya luas dan jeramnya tajam untuk lebih mencari yang lebih menantang.

5. Ada beberapa operator yang meminta uang pembayaran DP dimuka, namun ada pula yang meminta membayar pas hari H. suka-suka anda memilih yang mana.

6. Siapkan krim anti matahari/ sunblock, apalagi bila anda mengambil arung jeram siang. Selama berarung jeram karena saking asiknya anda tidak akan menyadari bahwa anda seperti dipanggang selama + 2,5 jam, tahu2 selese arung jeram "Habis gelap Terbitah gosong"'

 7. Jangan lupa bawa baju dan daleman ganti. Jangan keliru bawa gaun pesta !!

8. Datang lebih awal untuk persiapan jadi semisal memilih paket arung jeram pukul 10 siang, maka datanglah maksimal 30 menit sebelumnya, kasian kalo kita datang telat ditungguin n dibantai ramai2 sama rombongan lain.

9. Serahkan semua kepercayaan penuh kepada operator yang sudah anda pilih.

10. Pilihlah sekalian paket dokumentasi dengan menambah sedikit biaya, tidak perlu kuatir akan kualitas foto

11. Jangan terlalu membawa banyak barang berharga seperti laptop, emas 50 kg, Ipad dsb karena ujung2nya juga akan dititipkan (walaupun penitipan barang cukup aman)

12. Saat brieffing perhatikan betul instruksi river guide, mulai dari mendayung hingga cara berenang dengan pelampung, biar g cuma berhenti, maju enggak mundur juga enggak

13. Jangan setengah-setengah nikmati arung jeram, Ingatlah bahwa dalam perahu g mungkin ada yang kering pasti ntah itu di ciprati boat lain ato dicemplungin tunggu aj tanggal mainnya, kalo beruntung bisa guidenya sengaja ngebalik tu perahu kalian. kalau cuma teriak-teriak mending jadi boyband ato girlband aja hahaha. 

14. Bersyukur aja bila dapat guide yang usil

15. Yang terakhir hati-hati rawan cinlok hahaha....





just have fun...

tips from me n Dhian N.

Post a Comment