6/10/2013

Cara Memakai Kondom Wanita

Kondom wanita adalah kondom yang dirancang khusus untuk digunakan oleh perempuan yang berbentuk tabung silinder yang dimasukkan ke dalam alat kelamin atau kemaluan prempuan.

Kondom wanita berfungsi sama seperti kondom yang lainnya yaitu untuk mencegah kehamilan dan mengurangi resiko penyakit menular seksual. Kondom khusus kaum perempuan tersebut memiliki dua ujung di mana ujung yang satu yang dimasukkan ke arah rahim tertutup dengan busa untuk menyerap sperma dan ujung yang lain ke arah luar terbuka.

Cara kerja kondom wanita sama dengan cara kondom lelaki, yaitu mencegah sperma masuk ke dalam alat reproduksi wanitaManfaat, keterbatasan maupun efek samping yang ditimbulkan kondom wanita, hampir sama dengan kondom lelaki. Tingkat efektifitas kondom wanita akan tinggi, apabila cara menggunakannya benar. Namun, hati-hati dalam pemakaian karena bisa saja kondom wanita robek.

Bahan kondom terbuat dari polyurethane atau latex dengan dua buah cincin pada masing-masing ujungnya yang berfungsi sebagai rangka. Lebih mudah dipasangkan oleh dirinya sendiri.

Adapun cara pemakaian kondom wanita, adalah sebagai berikut:


1. Buka kemasan kondom secara hati-hati dari tepi, dan arah robekan ke arah tengah. Jangan menggunakan gigi atau benda tajam saat membuka kemasan. Karena dapat menimbulkan robek pada kondom

Cara Memakai Kondom Wanita




 2. Sebelum hubungan seksual, perhatikan kondom wanitaKondom wanita punya ring yang lebar (outer ring) untuk bagian luar dan ring yang kecil (inner ring) untuk bagian dalam.


kondom wanita



3. Ujung yang tertutup di bentuk lonjong pipih atau bisa juga angka delapan dengan salah satu jari-jari tangan.
Pegang inner ring kondom, lalu tekan dengan ibu jari pada sisi ring, dan dengan jari lain pada sisi yang berseberangan, kemudian tekan sehingga sisi ring yang berseberangan akan bersentuhan dan bentuk inner ring menjadi lonjong.



4. Atur posisi yang nyaman. Posisi dapat dilakukan secara berdiri satu kaki di atas kursi, jongkok maupun berbaring.


5. Masukkan inner ring ke dalam vagina dengan hati-hati. 



6. Tangan yang lain membuka bibir vagina dan yang memegang ujung kondom yang tertutup memasukkan ke dalam lubang kemaluan. 
Setelah cincin masuk ke dalam vagina, tangan yang satu memasukkan jari ke dalam kondom untuk mendorong agar inner ring kondom bisa masuk seluruhnya. Usahakan cincin yang di dalam menghadap langsung ke arah mulut rahim.


7. Pastikan kondom jangan sampai berputar, dan outer ring (ring yang besar) tetap berada di luar. Rapihkan cincin bagian luar yang terbuka di bibir vagina. Kondom siap dipakai untuk berhubungan badan suami istri



8. Pada saat melakukan hubungan seksual, berikan sedikit minyak pelicin pada penis atau bagian dalam kondom. Bantu penis masuk ke dalam kondom agar letak kondom tidak berubah-ubah acak.


9. Pasca Coitus, untuk melepasnya tinggal dicabut pelan-pelan dengan cara memutar bagian outer ring dan lapisan bagian cincin yang luar ditekan agar air mani tidak berantakan kemana-mana. Lalu keluarkan kondom secara hati-hati.





10.  Buang kondom bekas pakai ke tempat yang aman (tempat sampah). Jangan buang di toilet.




Resouce
avert.org/female-condom.htm
health.state.ny.us/publications/9571.pdf

+ komentar + 7 komentar

November 11, 2013 at 11:35 PM

:D

Terimakasih zan dungun atas Komentarnya di Cara Memakai Kondom Wanita
November 11, 2013 at 11:35 PM

:D

Terimakasih zan dungun atas Komentarnya di Cara Memakai Kondom Wanita
November 18, 2013 at 2:24 AM

Ternyata agak panjang prosesnya yah. Ijin share dan copy gambarnya yah Bu Bidan, untuk bahan artikel di blog cara hidup sehat.

Terimakasih Jajat Sudrajat atas Komentarnya di Cara Memakai Kondom Wanita
December 5, 2013 at 8:35 AM

=)) hahahah emang kagak masuk saat di tekan ke dalam ?

Terimakasih Beautiful atas Komentarnya di Cara Memakai Kondom Wanita
April 6, 2014 at 6:22 AM

ijin copy bwt penuhi materi tugas

Terimakasih eka peny atas Komentarnya di Cara Memakai Kondom Wanita
April 17, 2014 at 2:01 AM

Keren bgt artikelnya, sangat lengkap dan membantu sekali...

Terimakasih kursuskomputerberkualitas atas Komentarnya di Cara Memakai Kondom Wanita
May 2, 2014 at 3:19 AM

oh ada ya ternyata kondom wanita hehe bru tau

Terimakasih aku kesambet atas Komentarnya di Cara Memakai Kondom Wanita

Post a Comment