2/07/2013

Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung

Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
Sering saya mengacuhkan ketika mendapat broadcast via Bbm, namun tidak ketika artikel di bawah ini saya baca.

Pasti sebagian dari anda pernah mendengar dan membaca hal yang sama seperti berikut yang berkaitan tentang sayur kangkung yang berisi lintah dan dapat menyebabkan seseorang mati.

Alangkah bijaksana bila kita tiap kali mendapat broadcast ataupun berita via sms, email dll lebih jeli dan tidak langsung mempercayainya secara mentah-mentah.

Sebelumnya saya lampirkan isi broadcast tsb.


Berhati-hatilah dalam mengolah sayur kangkung,



beberapa hari yang lalu, di klinik yg trkenal di Yogya, smua Dokter kbingungan krn ada seorg pemuda asal SOLO bernama RIF'AT SUNGKAR yg mnderita sakit perut. Pemuda itu dbawa ke klinik
oleh Ortu nya stlh 2 hari mnderita DIARE. Sdh brmacam obat sakit perut yg dberikan kpd pemuda itu, namun DIARE tdk kunjung sembuh.

Kmudian Ortu pemuda trsbt di tanya oleh Dokter, "makanan apa yg di makan oleh pemuda tsb slama 2 hari ini? "Ortu anak itu kbingungan, krn sjak anaknya DIARE, pemuda tsb tak mau makan, dia hanya minum susu putih, itu pun muntah.


Stlh dperiksa, trnyata seblm mnderita DIARE, malam tsb pemuda itu makan Kangkung Tumis diRstoran brsama Ortunya. Dokter sgr mlakukan X-RAY, trnyata dlm usus RIF'AT tlh brkembang biak LINTAH dgn anaknya yg kecil2.

Dokter mnyerah dan mnyatakan tdk sanggup mengambil tindakan medis apapun. Akhirnya pemuda malang itu pun MENINGGAL
DUNIA.

Stelah diperiksa ulang, trnyata Lintah itu seblmnya berada didlm Batang Kangkung yg besar. Memang, utk pggemar kangkung tumis yg paling enak adalah BATANGNYA.


Lintah yg brada di dlam batang kangkung itu tdk akan mati walau dimasak slama 20 menit, apalagi utk kangkung tumis proses mmasak tdk trlalu lama agar mghasilkan rasa kangkung yg sedap. Lintah hanya akan MATI jika DI BAKAR.


Didlm usus pemuda tadi, lintah hanya butuh waktu 1 - 2 hari utk brkembang biak. Jika ada kluarga/ teman2 yg mengalami hal tsb, lakukan tindakan dgn mberi minumair Rendaman Tembakau (bisa diambil dari rokok kretek) biasanya lintah "akan kluar dan dlm keadaan mati.


Kabarkan kpd teman, sahabat, kluarga, atau siapapun yg anda kenal Kirim ke smua kontak anda,,ini bru namanya broadcast yg bermanfaat....

Ini kisah nyata di Yogyakarta !! Jangan di remehkan Dan disarankan bila anda memasak kangkung, Harap belah batangnya



-------

Paling ngeri bagi saya sesaat setelah membacanya yaitu adanya pernyataan lakukan tindakan dgn mberi minum air Rendaman Tembakau (bisa diambil dari rokok kretek) biasanya lintah "akan kluar dan dlm keadaan mati.


Okelah mari kita cermati saja satu persatu bagian yang terdapat kejanggalan di konten broadcast tersebut.


1. Berita tersebut tidak memiliki akurasi waktu dan tempat terjadinya kejadian
Beberapa kawan ternyata juga pernah mendapat broadcast seperti ini baik itu via sms maupun bbm pula dengan cerita yang sama namun dikatakan bertempat di jogja, singapura bahkan malaysia. So, dari cerita yang tidak konsisten saja sudah menimbulkan keraguan.


2. Berikut pula klinik ataupun dokter yang menangani tidak disebutkan dengan jelas, tidak terlalu mungkin bila peristiwa yang terjadi di Singapura itu orang tua si RS membawanya ke klinik padahal rumah sakit di sana sudah mendapat akreditasi Internasional.

3. Kesinambungan cerita

Bila memang itu terjadi di Indonesia, bagaimana bisa orang Solo membawa anaknya jauh2 menempuh ber km2 ke Jogja dan ditempatkan disebuah klinik padahal di Solo juga ada puluhan klinik dan beberapa rumah sakit. Atau mungkin saja RS adalah mahasiswa yang kuliah di Jogja, tapi bila anak kos dikatakan disana malamnya dia makan malam dengan orang tuanya, atau mungkin orang tuanya sedang mengunjunginya. entahlah terlalu dipaksakan.

4. Lintah yg brada di dalam batang kangkung itu tdk akan mati *hanya akan mati jika dibakar"??

Lintah pada dasarnya dapat mati bila terkena garam, kecuali bila seseorang memasak tanpa garam sedikitpun,
lintah banyak mengandung cairan yang konsentrasinya rendah, sedangkan garam yang dibubuhi pada permukaan kulit lintah memiliki konsentrasi tinggi. Akibatnya, cairan pada tubuh lintah berpindah keluar melalui kulit sehingga lintah menjadi kekurangan cairan dan kering sehingga akhirnya lintah pun mati.

5. Sistem pertahan manusia asam lambung

Manusia sendiri memiliki kurang lebih 9 sistem umum pertahanan tubuh yang salah satunya yaitu asam lambung disebutkan disini www.ehow.com/about_5069912_purpose-stomach-acid.html, dengan segala proses yang dilalui lintah akan kemungkinan besar akan mati.

6. Dokter melakukan X-Ray/rontgen dan bisa melihat dalam usus tadi lintah sudah berkembang biak.

Faktanya lintah, cacing dan massa lunak lainnya di dalam perut, tidak akan efektif dilihat dengan cara rontgen.

7. Sangat harus diperhatikan, lakukan tindakan dgn memberi minum air Rendaman Tembakau (bisa diambil dari rokok kretek) biasanya lintah "akan kluar dan dlm keadaan mati.
Merokok saja sudah sangat berbahaya bagi tubuh apalagi meminum air rendaman tembakau yang juga bisa diambil dari kretek, bayangkan berapa jumlah nikotin dan zat berbahaya lainnya yang akan kita minum, bukannya sembuh namun bisa2  "mabok".

  

Betapa berbahayanya bila kita selalu mempercayai mentah-mentah berita yang kita dapat.

Namun biar bagaimanapun berita seperti ini tetap bisa kita ambil hikmahnya. Salah satunya yaitu penting untuk memperhatikan dalam pengolahan sayur khususnya dalam hal mencuci.

Mencuci sayur hingga bersih di air mengalir tetaplah dianjurkan karena untuk mengurangi resiko gangguan pencernaan akibat bakteri yang masih tertinggal karena kita kurang bersih dalam mencuci sayur.

So, be healthy mom............

+ komentar + 18 komentar

February 11, 2013 at 6:05 AM

wah sipz mbak...

Terimakasih diarybidanrestu atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
February 11, 2013 at 6:35 AM

Wah, punya blog baru ya kamu res... sipp..

February 27, 2013 at 5:41 PM

bagus banget infonya...tapi harus tetap hati-hati...
THANKS YA,,,,

Terimakasih Ratna Sulistianingsih atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
February 27, 2013 at 5:42 PM

Bagus banget infony.... THANKS YAH..

Terimakasih Ratna Sulistianingsih atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
May 17, 2013 at 10:29 AM

Like this

Terimakasih Kuntulunyu Similikiti atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
June 21, 2013 at 6:22 AM

berguna banget...

Terimakasih hiLwa Dwi atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
June 21, 2013 at 6:23 AM

berguna banget...

Terimakasih hiLwa Dwi atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
July 5, 2013 at 4:45 PM

Mantap ... I like this

Terimakasih Valdano Kadja atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
October 5, 2013 at 9:19 PM

Lebih gak percaya lagi klo ada orang minum air kelapa dari buah kelapa yang dilobangi, terus ada ular phyton didalam buah kelapa ikut tertelan... hahahahaha...

Terimakasih sigit widadi atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
November 19, 2013 at 4:03 PM

ijin share boleh gak mbak?

Terimakasih Nur Hidayati atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
November 19, 2013 at 7:04 PM

Boleh silahkan...

November 19, 2013 at 8:01 PM

Bener, saya memang sempat berpikir demikian karena kita memiliki asam lambung sebagai pertahanan, kecil kemungkinan si lintah nggak mati ..
Izin share ya buk bidan ..

Terimakasih Hafidz Fadilloh atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
March 12, 2014 at 7:00 PM

Iya,ini hoax beredar lg,knp y masih ada aja yg bagi2 hoax kyk gini,secara logika aja dah g mgkin menurut sy waktu baca beritanya.....ijin share y bu.....

Terimakasih Maytia Heppy N. atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
May 21, 2014 at 8:27 PM

Ane jg bingung mungkinkah si lintaha bisa hidup dalam perut? bagaimana dengan cacing perut, cacing pita? Dri mana dia asal..?

Berita jg harus jd perhatian, kalo masalah tembakau memng bisa menangkal lintah, didesa saya kalo mau ke sawah petani melumuri kakinya dgn tembakau asli, untk menghindari serangan lintah dilumpur sawah..

Wallohua'alam

Terimakasih Wijaya Kusuma atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
May 23, 2014 at 1:46 AM

maaf ya sist tp itu lintah didalam batang kangkung emang ada,,, tmn saya sudah membuktikanya sendiri,, kangkung yg batangnya besar banyak sekali di dapat di manado,,, dan trnyata batang besar itu stlh dsayat ada binatang kecil warna item nah gk tau itu lintah apa binatang laenya tp tmn saya pernah menjumpai semacam itu,, tp saya jg belum yakin kalo belum liat sendiri,,, hihi

Terimakasih Inez Yebee atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
January 26, 2015 at 4:35 AM

Makasih banget info nya ya...

Terimakasih Putrinita Nita atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung
January 26, 2015 at 4:36 AM

Makasih banget info nya ya...

Terimakasih Putrinita Nita atas Komentarnya di Berita bohong tentang lintah di dalam kangkung

Post a Comment