STASI 10
CHECKLIST PENDIDIKAN
KESEHATAN TENTANG METODE KANGURU
BUTIR YANG DINILAI
|
||
SIKAP
|
||
Menyambut klien dengan sopan & ramah
|
||
0 Tidak dilakukan
|
||
1 Memberi salam tanpa mempersilahkan duduk
|
||
2 Memberi salam dan mempersilahkan duduk .
|
||
Memperkenalkan diri kepada klien
|
||
0 Tidak dilakukan
|
||
1 Memperkenalkan diri sebagai bidan tanpa menyebutkan nama
|
||
2 Memperkenalkan diri sebagai bidan dengan menyebut nama sambil berjabat
tangan
|
||
Tanggap terhadap reaksi klien
|
||
0 Tidak tanggap
|
||
1 Tanggap terhadap reaksi klien tetapi tidak dengan tepat
|
||
2 Tanggap reaksi klien dengan
tepat
|
||
Percaya diri
|
||
0 Teruji gugup, tidak melakukan kontak mata & suara kurang jelas
|
||
1 Terlihat tergesa-gesa & ragu-ragu
|
||
2 Terlihat tenang dan melakukan dengan percaya diri
|
||
Menjaga privasi klien
0. Tidak dilakukan
1. Menjaga privasi dengan ucapan atau memperagakan menutup pintu/ sampiran
saja
2. Menjaga privasi dengan ucapan dan memperagakan menutup pintu / sampiran
|
||
Total score : 10
|
||
CONTENT
|
||
Menjelaskan maksud dan tujuan pendkes metode kanguru.
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan maksud atau tujuan penkes saja
|
||
2 Menjelaskan maksud dan tujuan penkes dengan lengkap
|
||
Mencuci tangan 7 langkah sebelum melakukan tindakan
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Melakukan cuci tangan tidak sesuai porosedur
tindakan
|
||
2 Melakukan cuci tangan sesuai dengan prosedur
tindakan dengan
benar
|
||
Menjelaskan manfaat metode kanguru:
-
Denyut jantung (nadi),
pernafasan bayi lebih teratur dan suhu lebih hangat sehingga mencegah
hipotermi
-
Memudahkan pemberian
ASI
-
Tidur bayi lebih
nyenyak dan lama karena didekap ibu
-
Kenaikan BB bayi lebih
cepat
-
Ibu lebih percaya
diri, puas dan senang
-
Meningkatkan hubungan
emosi ibu – anak
|
||
0 Tidak Dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan 1 – 3 macam manfaat
|
||
2 Menjelaskan dengan sempurna (> 3 macam
manfaat)
|
||
Menjelaskan resiko pemakaian baju kanguru yang kurang tepat yaitu bayi terjatuh
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan kurang lengkap
|
||
2 Menjelaskan dengan lengkap
|
||
Mempersilahkan dan membantu ibu melepas baju dan BH
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Melakukan kurang lengkap
|
||
2 Melakukan dengan lengkap
|
||
Mengajarkan ibu membersihkan daerah dada dan perut ibu dengan menggunakan
air hangat dilanjutkan dengan mengeringkan.
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Mengajarkan kurang sesuai
prosedur tindakan
|
||
2. Mengajarkan dengan lengkap sesuai
prosedur tindakan
|
||
Mengajarkan ibu menyiapkan bayi dengan memakaikan tutup kepala, diapers dan kaos kaki
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Mengajarkan tidak lengkap/ kurang sesuai
|
||
2 Mengajarkan dengan tepat dan lengkap
|
||
Mengajarkan ibu untuk memasukkan bayi ke dalam kantong kanguru dengan
hati-hati
0.
Tidak dikerjakan
1. Tidak procedural (bayi dimasukkan ke dalam kantong kanguru tidak dengan
hati-hati)
2. Bayi dimasukkan ke dalam kantong kanguru dengan hati-hati
|
||
Mengajarkan ibu memakai baju kanguru sesuai prinsip “skin to skin kontak”
0 Tidak dikerjakan
1 Mengajarkan kurang lengkap
2 Mengajarkan dengan lengkap
|
||
Mengajarkan ibu untuk memposisikan bayi dengan posisi
tegak, di tengah payudara dan kepala miring pada salah satu sisi dengan
kepala sedikit ekstensi
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Mengajarkan kurang tepat
2 Mengajarkan dengan sempurna
|
||
Mengajarkan ibu untuk memposisikan kaki bayi
seperti posisi ”katak” dan tangan fleksi
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Mengajarkan namun kurang tepat
2 Menjelaskan dengan sempurna
|
||
Mengajarkan ibu memonitor bayi (pernafasan, suhu & gerakan)
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Mengajarkan ibu memonitor 1 – 2 macam
saja
|
||
2 Mengajarkan ibu memonitor secara keseluruhan
dengan tepat
|
||
Menganjurkan ibu
tetap menyusui secara on demand
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Menganjurkan ibu menyusui bayinya setiap 1 – 2 jam sekali/ terjadwal
|
||
2 Menganjurkan ibu menyusui secara on demand
|
||
Mengajarkan ibu mengecek ketepatan pemakaian baju kanguru &
memastikan bayi dalam kondisi aman & nyaman
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan dengan kurang
sempurna
|
||
2 Menjelaskan dengan sempurna
|
||
Melakukan evaluasi terhadap penjelasan yang telah diberikan
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Menanyakan kembali penjelasan yang
sudah diberikan tanpa ibu diminta menyebutkan kembali
|
||
2 Menanyakan kembali penjelasan yang
sudah diberikan dan ibu disuruh menyebutkan kembali.
|
||
Total score : 30
|
||
TEKNIK
|
||
Teruji melaksanakan secara sistematis
|
||
0 Tidak dilakukan
|
||
1 Melakukan sebagian tindakan & tidak berurutan
|
||
2 Melakukan tindakan secara berurutan
|
||
Teruji menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
|
||
0 Menggunakan bahasa yang tidak dimengerti
|
||
1 Sebagian masih menggunakan istilah-istilah medis
|
||
2 Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh klien
|
||
Memperhatikan keamanan saat pelaksanaan
|
||
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Memperhatikan keamanan tidak dengan sempurna
|
||
2 Memperhatikan keamanan dengan sempurna
|
||
Memberikan kesempatan kepada klien untuk mengajukan pertanyaan apa yang
belum
dimengerti dan segera memberikan tanggapan dari apa yang menjadi
pertanyaan
klien
|
||
0 Tidak dilakukan
|
||
1 Memberikan kesempatan bertanya kepada klien tetapi tidak sempurna
|
||
2 Memberikan kesempatan bertanya dan memberi umpan balik
|
||
Mendokumentasikan hasil penkes disertai dengan tanggal, jam, nama dan tanda tangan
pelaksana.
|
||
0 Tidak dilakukan
|
||
1 Mendokumentasikan hasil penkes tidak lengkap.
|
||
2 Mendokumentasikan dengan lengkap
|
||
Total score : 10
|
TOTAL SCORE = 50
NILAI AKHIR = Σ score x 100
50 NILAI BATAS LULUS
76
No comments:
Post a Comment