4/23/2012

definisi Intrauterine growth retardation (IUGR)


Intrauterine growth retardation (IUGR)


A.     Definisi
IUGR adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan fetus atau neonatal yang mempunyai ukuran lebih kecil daripada normal, seringkali juga digunakan untuk mendeskripsikan intrauteri yang rusak atau terbatas. (23)
B.     Etiologi
Retardasi pertumbuhan dapat disebabkan karena rokok, pertambahan berat badan yang kurang pada ibu, penggunaan obat-obatan dan alkohol, janin kembar, kelainan tali pusat atau plasenta, pre eklampsi, riwayat IUGR sebelumnya, Malformasi uterus congenital, Penurunan oksigen

C.     Klasifikasi
1.      IUGR  kerena insufisiensi  plasenta
Kelompok ini potensial untuk tumbuh normal, tetapi patologi dalam supply pembuluh darah ke plasenta. Iskemi cepat merusak plasenta kerusakan suply pengangkut O2 dan nutrisi ke janin,menyebabkan anoksia janin dan mungkin kematian. Pada kelompok ini menyebabkan 2-3 bayi pertumbuhannnya terhambat. Penyebab kerusakan arteri spiral ibu dalam plasenta belum diketahui dengan jelas, tetapi sebagai predisposisi: Insufisiensi plasenta, preeklamsi, penyakit ginjal kronik, hipertensi kronik dan masalah atau penyakit yang berhubungan dengan keadaan tersebut, seperti kehamilan kembar, diabetes melitus, penyakit jantung atau seperti penyakit kolagen. Plasenta previa dan solusio plasenta, postmatur, ibu yang tua, dan tempat yang tinggi (daerah pegunungan) mungkin masuk ke dalam kelompok ini, seperti suply normal nutrisi dan oksigen tidak dapat menjangkau bayi disebabkan plasenta atau masalah sirkulasi.

2.      IUGR karena faktor lingkungan
Janin mempunyai kemungkinan untuk tumbuh normal, tetapi obat atau persilangan dari ibu ke janin menghambat pertumbuhan normal seperti penyakit malaria, toxoplasmosis, rubela cytomegalovirus, shipilis. Obat-obat berbahaya seperti alkohol, rokok, radiasi juga memeberikan kontribusi.

3.      IUGR karena faktor intrinsic
Di sini janin tidak mempunyai atau kehilangan pertumbuhan normal segera setelah konsepsi. Pada kelompok ini meliputi: malformasi janin dan gangguan genetik. Kejadian ini lebih menonjol di negara-negara yang sedang berkembang.


D.     Komplikasi
Janin yang mengalami keterbelakangan pertumbuhan akan cenderung mengalami hal – hal sebagai berikut:
  1. Fetal distress
  2. Problem neonatus (setelah lahir)

E.      Penanganan
  1. Sebelum kehamilan
a.    Perbaikan/ memperbaiki nutrisi calon ibu
b.    Berhenti  merokok
c.    Bagi wanita yang mempunyai riwayat kehamilan bayi dengan IUGR sebelumnya dapat diberikan obat aspirin dengan dosis rendah (81 mg/hari ) pada kehamilan dini dapat mengurangi kemungkinan berulangnya IUGR.

  1. Antepartum
a.      Menghentikan kebiasaan merokok
b.      Mendeteksi penyakit yang ada pada ibu
c.      Dan yang paling penting adalah saat dan cara persalinan, mempercepat kelahiran bayi sebelum terjadinya gangguan janin adalah sasaran utama, tetapi harus setelah pematangan paru - paru janin.

definisi Intrauterine growth retardation (IUGR)
IUGR Ultrasound

Post a Comment