4/28/2012

Teks pembawa acara (MC) peresmian pembangunan musholla dan pengalamanku

Selalu pengalaman pertama itu menyenangkan, itulah pemikiranku..

karena memang tiap kali memiliki kesempatan melakukan sesuatu yang baru pasti ujung-ujungnya seru n seneng sendiri lah. Termasuk pengalaman yang satu ini, kebetulan semalem tepatnya 28 april 2012 saya dipercaya untuk menjadi MC di sebuah acara peresmian (tasyakuran) didirikannya musholla depan rumah. Awalnya menolak ketika ditawari bapak, karena memang belum pernah sama sekali menjadi pembawa acara walaupun sudah sering tampil di depan bila ada event2 di organisasi untuk menjadi pengisi acara, namun karena ditantang akhirnya mau juga. hehe.. (strategi jitu ortu)
bingung? enggak dong, kan ada eyang google.. find n modification..
selama acara enjoy banget rasanya meski partner MC dari segi type suara lebih kebentuk. But, everything it's OK. 
kapok?  gak banget, kalau ada lagi n dtawari lagi ikut dah.. :D
tapi menjadi pengisi acara dan pembawa acara masih seru jadi pengisi acara. tapi MC juga gak kalah seru.

seperti biasa nothing curhat without benefit..

disini akan saya share contoh teks pembawa acara (MC) peresmian (tasyakuran) selesainya pembangunan Musholla. Mungkin bisa berguna untuk jadi referensi bagi pemula seperti saya yang kemudian diutus untuk jadi MC. 


TEKS PEMBAWA ACARA (MC) PERESMIAN (TASAYKURAN) SELESAINYA PEMBANGUNAN MUSHOLLA

Sebelum acara kami mulai terlebih dahulu akan kami persembahkan …….. sebagai ucapan selamat datang kepada bapak/ibu sekalian. Kepada ……… dan kawan2 dipersilahkan.

Assalamu’alaikum wr.wb.
Asahaduallaillahaillallah wa ashaduanna muhamdan ‘abduhuwarosulluh. Allahummasholi’alamuhammad wa’ala alihi wasokhbihi ajmangin amabakdu..
Yang terhormat Bapak ………………..,
Yang terhormat Bapak ……………………,
Yang kami hormati seluruh tamu undangan, serta para hadirin sekalian.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, serta inayahnya kepada kita semua. Tak lupa kita aturkan solawat serta salam kepada junjungan kita Nabi Besar, Muhammad SAW, beserta para keluarga, para sahabat serta kepada para pengikutnya sampai akhir zaman. Sehingga pada malam ini bertepatan hari sabtu tanggal 28 April 2012 kita dapat menghadiri peresmian (tasayakuran) terbangunnya musholla Al Barokah di ……… Kelurahan kemijen Semarang ini yang insyaallah di dalam acara nanti akan diisi oleh Bapak …………………… dari ………..
Sebelum acara kita mulai terlebih dahulu akan saya bacakan susunan acaranya :
Pertama           : pembukaan
Kedua             : Sambutan-sambutan
Ketiga             : Pengajian inti dan doa
Keempat          : ……………….
Kelima             : ………………..
Keenam           : penutup

Marilah acara pada malam hari ini kita buka dengan membaca bacaan basmalah bersama-sama, bismillahirrohmannirrohim…….. terimakasih
Bapak-bapak, ibu-ibu serta hadirin sekalian, sebelum acara kita mulai terlebih dahulu akan dibacakan ayat suci Al Quran oleh adik …………... Kepada adik ……………. dipersilahkan.

Demikian tadi pembacaan ayat suci Al Quran
.
Semoga dengan dibacakannya ayat-ayat suci Al Quran tersebut acara kita pada malam hari ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat meluruskan niat kita, amin. Dan kepada adek…………….. semoga selalu mendapat ridho Allah Swt.

Menginjak acara yang kedua, sambutan-sambutan.
Sambutan yang pertama, sambutan ……………. ..Kepada ……………………dipersilahkan.

Terimakasih atas sambutannya
Bapak-bapak, ibu-ibu serta hadirin sekalian, marilah acara kita lanjutkan kembali. Acara selanjutnya sambutan dari ………….., kepada Bapak ……………dipersilahkan.

Terimakasih atas sambutannya..
Sambutan yang selanjutnya, sambutan dari bapak ………….. Kepada Bapak atau yang mewakili dipersilahkan.

Terimakasih atas sambutannya

Bapak-bapak, ibu-ibu serta hadirin sekalian, perkenankanlah kami tampilkan hiburan rebana grup safaul khuluq, kepada grup dipersilahkan.

Bapak-bapak, ibu-ibu serta hadirin yang kami hormati, tibalah kita pada acara puncak yaitu tasayakuran mushollah al barokah yang akan diisi oleh Bp KH …... Marilah kita siapkan hati dan pikiran kita untuk menyimak dan mendengarkan apa yang beliau sampaikan. Kepada Bapak …………… dipersilahkan..

Demikian tadi ceramah yang disampaikan oleh Bapak …………., semoga apa yang beliau sampaikan dapat mempertebal keimanan kita dan dapat memantapkan diri, jiwa dan raga kita untuk senantiasa meningkatkan amalan ibadah untuk bekal akhirat kelak. Kepada Bapak ………… kami ucapkan terimakasih, dan atas amalan beliau semoga mendapat balasan dari Allah SWT. Amin…. 

Katakanlah: "Sesungguhnya salatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam," ( (QS Al-An’aam ayat 162 )

Bapak-bapak, ibu-ibu serta hadirin yang insyaallah dirahmati Allah tibalah kita pada acara yang terakhir, yaitu penutup.

Sebelum acara kami tutup perkenankanlah terlebih dahulu kami selaku pembawa acara apabila dalam kami membawakan acara ini terdapat salah-salah kata kami minta maaf yang setulus-tulusnya. Dengan berakhirnya acara malam hari ini maka musholla al barokah Alhamdulillah telah resmi siap untuk dipergunakan dalam beribadah kepada Allah Swt. Bagi yang ibadahnya sudah bagus semoga dapat ditingkatkan, dan bagi yang belum/ kurang dalam ibadah sholat khususnya dapat termotivasi untuk beribadah kepada Allah Swt. Ibadah yang tidak sekedar karna perintah namun ibadah yang khusyu’ karna rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan kepada kita semua Dimana bila dilakukan secara berjamaaf maka akan senantiasa pahala kita berlipat ganda dan dapat memupuk rasa kebersamaan dan persatia yang tinggi.
Diharapkan pula adanya mushollah ini sesuai namanya semoga seluruh warga ………….. hidupnya senantiasa barokah dan senantiasa diberi anugerah kebahagiaan Dan marilah acara peresmian (tasyakuran) pada malam hari ini kita tutup dengan membaca bacaan hamdallah bersama-sama, alhamdulillahirobbil’alamin..terimakasih. dari kami Wabillahitaufik walhidayah Assalamu’alaikum wr.wb


Teks pembawa acara (MC) peresmian pembangunan musholla


Post a Comment