CHECKLIST PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG ASI EKSKLUSIF
A.
|
SIKAP
|
|
1.
|
Menyambut klien dengan sopan dan ramah
|
|
0 Tidak
dikerjakan
|
||
1 memberikan
salam saja tanpa mempersilahkan duduk
|
||
2 memberikan salam saja dan mempersilahkan duduk
|
||
2.
|
Memperkenalkan diri kepada klien
|
|
0 Tidak
dikerjakan
|
||
1 memperkenalkan diri sebagai bidan tanpa
menyebutkan nama
|
||
2
memperkenalkan diri sebagai bidan dengan menyebutkan nama sambil berjabat
tangan
|
||
3
|
Merespon reaksi klien
|
|
0 Tidak merespon
|
||
1 Merespon terhadap reaksi klien tetapi kurang tepat
|
||
2 Memberikan respon dengan tepat kepada klien
|
||
4
|
Teruji percaya
diri
|
|
|
0 terlihat gugup, tidak melakukan kontak mata, dan
suara kurang jelas
|
|
|
1 tergesa – gesa dan terlihat ragu
|
|
|
2 terlihat tenang dan melakukan dengan percaya diri
|
|
5.
|
Menjaga privasi klien
0. Tidak dilakukan
1. Menjaga privasi dengan ucapan atau memperagakan
menutup pintu/ sampiran saja
2. Menjaga privasi dengan ucapan dan memperagakan
menutup pintu / sampiran
|
|
|
Total
score : 10
|
|
B.
|
CONTENT
|
|
6.
|
Menanyakan
keluhan klien dengan sopan
|
|
0
tidak dilakukan
|
||
1
sekedar menanyakan keluhan yang dirasakan
|
||
2
menanyakan keluhan klien dengan jelas (apa yang duirasakan saat ini dan sejak
kapan)
|
||
7.
|
Menjelaskan maksud dan tujuan pendidikan kesehatan
|
|
0 Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan maksud
atau tujuan pendkes saja
|
||
2 Menjelaskan maksud dan tujuan pendkes
|
||
8.
|
Teruji
melakukan apersepsi mengenai ASI Eksklusif
|
|
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 menanyakan kepada klien apakah sudah tahu atau belum
tentang ASI Eksklusif
|
||
2 menanyakan kepada klien apakah ibu pernah mendapatkan
informasi mengenai ASI Eksklusif sebelumnya
|
||
9.
|
Menjelaskan
pengertian ASI Eksklusif*
|
|
ASI
Eksklusif adalah bayi yang hanya di beri ASI saja, tanpa tambahan
cairan/makanan kecuali obat, vitamin dan mineral sampai umur 6 bulan”
|
||
0
Tidak dikerjakan
|
||
1
menjelaskan pengertian ASI Eksklusif dengan kurang sempurna
|
||
2 menjelaskan pengertian ASI Eksklusif dengan sempurna
|
||
10.
|
Menjelaskan
manfaat ASI *
|
|
ASI
sebagai:
|
||
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan manfaat ASI kurang dari atau sama dengan
3
|
||
2 Menjelaskan manfaat ASI lebih dari 3
|
||
11.
|
Menjelaskan zat kekebalan dalam ASI
|
|
·
Faktor bifidus : Mendukung proses perkembangan bakteri
yang “menguntungkan” dalam usus bayi, untuk mencegah pertumbuhan bakteri yang
merugikan
·
Laktoferin : Mengikat
zat besi dalam ASI sehingga zat besi tidak digunakan oleh bakteri pathogen
untuk pertumbuhannya
·
Anti alergi
·
Mengandung zat anti virus polio
·
Membantu pertumbuhan selaput usus bayi sebagai perisai
untuk menghindari zat-zat merugikan yang masuk ke dalam peredaran darah
|
||
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan
zat kekebalan ASI kurang dari atau sama dengan 3
|
||
2 Menjelaskan
zat kekebalan ASI lebih dari 3
|
||
12.
|
Menjelaskan
jenis-jenis ASI
|
|
ü
Merupakan cairan yang pertama kali cairan kental dengan
warna kekuning – kuningan dibanding susu matur.
ü
Disekresi hari ke 1 sampai ke 3 ,bila dipanaskan akan
menggumpal, sedangkan ASI matur tidak
ü
Merupakan pencahar yang ideal untuk membersihkan
mekonium dari usus bayi yang baru lahir dan mempersiapkan saluran pencernaan
makanan bayi bagi makanan yang akan datang
ü Lebih banyak mengandung , karbohidrat, protein, mineral, antibodi memberikan perlindungan bagi bayi sampai
umur 6 bulan dibandingkan dengan ASI matur
ü Merupakan ASI peralihan dari kolostrum sampai menjadi ASI yang matur
ü Disekresi dari hari ke 4 sampai ke 10
ü Kadar protein makin rendah sedangkan kadar karbohidrat dan lemak semakin
meninggi dan volume juga semakin meningkat.
ü Merupakan ASI yang
disekresi pada hari ke 10 dan seterusnya, komposisi relative konstan.
ü Merupakan caioran
berwarna putih kekuningan yang diakibatkan warna dari Ca-casein, riboflafin
dan karoten yang terdapat didalamnya
ü Tidak menggumpal
jika dipanaskan
ü Terdapat
antimicrobial factor antara lain : antibody (kekebalan terhadap infeksi),
protein, hormon – hormon
|
||
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan
komposisi ASI tidak sempurna
|
||
2 Menjelaskan
komposisi ASI dengan sempurna
|
||
13.
|
Menjelaskan
cara memperbanyak produksi ASI
|
|
·
Bayi menyusu setiap 2 jam selama 10 – 15 menit disetiap
payudara
·
Bangunkan bayi, buka baju/gedong yang membuat rasa
gerah, duduklah selama menyusui
·
Pastikan bayi menyusu dengan posisi yang baik (menempel
pada ibunya) dan menelan secara aktif
·
Susui bayi ditempat yang tenang nyaman dan minumlah
setiap kali menyusui
·
Tidur bersebelahan/dekat dengan bayi sehingga dapat
menyusui setiap saat
·
Ibu meningkatkan istirahat dan minum
|
||
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan cara memproduksi ASI kurang
sempurna
|
||
2 Menjelaskan cara memproduksi ASI dengan
sempurna
|
||
14.
|
Menjelaskan
cara pemerasan ASI dengan tangan
|
|
ü Tangan dicuci
sampai bersih.
ü Siapkan
cangkir/gelas bertutup yang telah dicuci dengan air mendidih.
ü Payudara dikompres
dengan kain handuk yang hangat dan dimasase dengan kedua telapak tangan dari
pangkal kea rah kalang payudara. Ulangi pemijatan ini pada sekitar payudara
secara merata.
ü Dengan ibu jari di
sekitar kalang payudara bagian atas dan jari telunjuk pada sisi yang lain,
lalu daerah kalang payudara ditekan kea rah dada.
ü Daerah kalang
payudara diperas dengan ibu jari dan jari telunjuk, jangan memijat/menekan
putting, karena dapat menyebabkan rasa nyeri/lecet.
ü Ulangi tekan
–peras-lepas-tekan-peras-lepas, pada mulanya ASI tak keluar, setelah beberapa
kali maka ASI akan keluar.
ü Gerakan ini diulang
pada sekitar kalang payudara pada semua sisi, agar yakin bahwa ASI telah
diperas dari semua segmen payudara.
|
||
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan
cara pemerasan ASI tapi tidak sempurna
|
||
2 Menjelaskan
cara pemerasan ASI secara sempurna
|
||
15.
|
Menjelaskan cara penyimpanan dan pemberian ASI perah
|
|
|
||
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan cara penyimpanan dan
pemberian ASI perah kurang sempurna
|
||
2 Menjelaskan
cara penyimpanan dan
pemberian ASI perah dengan sempurna
|
||
16.
|
Menjelaskan
cara penerapan ASI Eksklusif pada ibu bekerja
|
|
|
||
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 Menjelaskan penerapan ASI Eksklusif
kurang sempurna
|
||
2 Menjelaskan
penerapan ASI Eksklusif dengan sempurna
|
||
17.
|
Teruji
melakukan evaluasi dengan menanyakan kembali apa yang sudah dijelaskan
|
|
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 Teruji melakukan evaluasi hanya dengan
menanyakan dan mempersilahkan klien untuk menjelaskan kembali
|
||
2 Teruji melakukan evaluasi dengan
menanyakan dan mempersilahkan klien untuk menjelaskan kembali serta memberi
feed back
|
||
Total
score : 24
|
||
C.
|
TEKNIK
|
|
18.
|
Teruji menjelaskan secara sistematis
|
|
0 Tidak dikerjakan atau menyimpang dari
topik
|
||
1 Menjelaskan tetapi tidak secara urut
|
||
2 Menjelaskan secara berurutan
|
||
19.
|
Teruji menggunakan bahasa yang mudah
dimengerti
|
|
0 menggunakan bahasa yang
tidak dimengerti klien
|
||
1
Sebagian masih menggunakan istilah-istilah medis
|
||
2
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti klien tanpa menggunakan bahasa medis
|
||
20.
|
Penggunaan
Media
|
|
0
tidak dilakukan
|
||
1
menggunakan tetapi tidak efektif
|
||
2 menggunakan media secara efektif dan benar
|
||
21.
|
Teruji memberikan kesempatan klien untuk bertanya
|
|
0.
Tidak dikerjakan
|
||
1.
Memberikan kesempatan kepada klien untuk menanyakan apa
yang belum dimengerti dan tidak segera memberikan jawaban
|
||
2.
Memberikan kesempatan kepada klien untuk mengajukan
pertanyaan yang belum dimengerti dan
segera memberikan tanggapan dari apa
yang belum dimengerti dan segera memberikan tanggapan dari apa yang menjadi
pertanyaan klien
|
||
22.
|
Melakukan pendokumentasian
|
|
0
Tidak dikerjakan
|
||
1 Mendokumentasikan hasil pendidikan kesehatan tanpa
identitas pelaksana
|
||
2 Mendokumentasikan secara lengkap meliputi tanggal, jam , inti tindakan penkes &
hasilnya, tanda tangan & nama terang.
|
||
|
Total
score : 10
|
|
|
Total
score seluruhnya : 44
|
TOTAL SCORE = 44
NILAI AKHIR
= Σ score x 100
44
Bagi temen-temen yang membutuhkan jurnal penelitian dapat berkunjung disini
ReplyDeleteJURNAL PENELITIAN