6/13/2012

Mengidentifikasi Masalah Kebidanan Komunitas

Banyak sekali tantangan untuk para bidan khususnya di Komunitas.


Berikut ada beberapa Masalah kebidanan di komunitas


1. Kematian Ibu dan Bayi
    Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) merupakan indikator penting untuk menilai  
    tingkat kesejahteraan suatu negara dan status kesehatan masyarakat.
    Baca selengkapnya di "Masalah Kebidanan Komunitas Kematian Ibu dan Bayi"


2. Kehamilan Remaja
    Masa remaja merupakan masa peralihan/ masa transisi/ masa pancaroba yang penuh gejolak, yaitu masa kanak-kanak menuju masa dewasa mandiri. Kehamilan bisa menjadi dambaan. Tetapi mungkin juga dianggap malapetaka apabila kehamilan itu sendiri tidak/ belum diinginkan.
    Baca selengkapnya di "Masalah Kebidanan Komunitas Kehamilan Remaja"


3. Unsafe Abortion
    Sudah menjadi rahasia umum, tindakan unsafe abortion yang sering dilakukan wanita seperti melakukan kekerasan fisik  seperti berlari, naik sepeda atau naik kuda. Jika tindakan pertama tidak berhasil, maka wanita tersebut melakukan tindakan kedua dengan cara mengonsumsi obat-obatan yang dapat menggugurkan kandungan. Misalnya, wanita tersebut sengaja mengonsumsi obat-obatan yang dilarang untuk wanita hamil. Bisa juga dengan cara mengonsumsi obat tradisional seperti nanas muda.
Tindakan unsafe abortion seperti ini diperkirakan banyak dilakukan keluarga miskin yang tidak ingin menambah anak. Tanpa mereka sadari, unsafe abortion dapat menimbulkan gangguan pada kesehatan reproduksi bahkan mengakibatkan kematian bagi kaum ibu.
    Baca selengkapnya di "Masalah Kebidanan Komunitas Unsafe Abortion"


4. BBLR
    BBLR adalah neonatus dengan berat badan lahir pada saat kelahiran kurang dari 2500 gram (sampai 2499 gram) tanpa memandang masa kehamilan. Berat lahir adalah berat bayi yang ditimbang dalam 1 jam setelah lahir. Untuk keperluan bidan desa berat lahir diterima dalam 24 jam pertama setelah lahir.
    Baca selengkapnya di "Masalah Kebidanan Komunitas BBLR"


5. Tingkat Kesuburan
    Tingkat kesuburan dapat menjadi suatu masalah dikomunitas, berikut adalah penjelasan mengenai apa itu tingkat kesuburan lebih lanjut. 
    Baca selengkapnya di "Masalah Kebidanan Komunitas Tingkat Kesuburan"


6. Pertolongan Persalinan oleh tenaga non medis
    Pertolongan persalinan oleh tenaga non kesehatan yaitu proses persalinan yang dibantu oleh tenaga non kesehatan yang biasa dikenal dengan istilah dukun bayi.


7. PMS
    Infeksi menular seksual adalah penyakit yang menular penularannya terutama melalui hubungan seksual. Cara hubungan kelamin tidak hanya terbatas secdara genito-genetial saja, tetapi dapat juga secara oro genital, atau ano-genital, sehingga kelainan yang timbul akibat penyakit ini tidak terbatas pada daerah kelamin (genital) saja, tetapi dapat juga pada daerah-daerah ekstragenital. Meskipun demikian, tidak berarti bahwa semuanya melalui hubungan kelamin, karena ada beberapa yang dapat juga ditularkan melalui langsung dengan alat-alat, handuk, thermometer, dan ada juga yang dapat ditularkan dari ibu kepada bayinya yang ada di dalam kandungan.
    Baca selengkapnya di "Masalah Kebidanan Komunitas PMS"


8. Perilaku dan sosial budaya yang berpengaruh pada pelayanan kebidanan komunitas








Mengidentifikasi Masalah Kebidanan Komunitas





+ komentar + 1 komentar

July 12, 2013 at 5:30 PM

http://www.cute-factor.com/images/smilies/onion/th_104_.gif

Terimakasih ayhu nitha atas Komentarnya di Mengidentifikasi Masalah Kebidanan Komunitas

Post a Comment