4/18/2012

Kebutuhan Dasar Ibu Masa Nifas


Kebutuhan dasar ibu nifas
ibu nifas

Kebutuhan Dasar Ibu Masa Nifas 


1.    Nutrisi dan Cairan
Pada masa nifas masalah diet perlu mendapatkan perhatian yang serius, karena dengan nutrisi yang baik dapat mempercepat penyembuhan ibu dan sangat mempengaruhi susunan air susu. Diet yang diberikan harus bermutu, bergizi tinggi, cukup kalori, tinggi protein, dan banyak mengandung cairan.
Ibu yang menyusui harus memenuhi kebutuhan akan gizi sebagai berikut:
1.         Mengkonsumsi tambahan 500 kalori tiap hari.
2.         Makan dengan diet berimbang untuk mendapatkan protein, mineral dan vitamin yang cukup.
3.         Minum sedikitnya 3 liter air setiap hari.
4.         Pil zat besi harus diminum untuk menambah zat gizi, setidaknya selama 40 hari pasca persalinan.
5.         Minum kapsul vitamin A 200.000 unit agar dapat memberikan vitamin A kepada bayinya melalui ASI.

2.      Ambulasi
Ambulasi dini (early ambulation) ialah kebijaksanaan agar secepat mungkin bidan membimbing ibu post partum bangun dari tempat tidurnya dan membimbing ibu secepat mungkin untuk berjalan.
Sekarang tidak perlu lagi menahan ibu post partum terlentang di tempat tidurnya selama 7-14 hari setelah melahirkan. Ibu post partum sudah diperbolehkan bangun dari tempat tidur dalam 24-48 jam postpartum.
Keuntungan early ambulation adalah sebagai berikut :
1.      Ibu merasa lebih sehat dan kuat dengan early ambulation.
2.      Faal usus dan kandung kemih lebih baik.
3.      Early ambulation memungkinkan kita mengajarkan ibu cara merawat anaknya selama ibu masih di rumah sakit. Misalnya : memandikan, mengganti pakaian, dan memberi makan.
4.      Lebih sesuai dengan keadaan indonesia (sosial ekonomis). Menurut penelitian-penelitian yang saksama, early ambulation tidak mempunyai pengaruh buruk, tidak menyebabkan perdarahan yang abnormal, tidak memengaruhi penyembuhan luka episiotomi atau luka perut,  serta memperbesar kemungkinan prolapsus atau retrotexto uteri.
Early ambulation tentu tidak dibenarkan pada ibu postpartum dengan penyulit, misalnya anemia, penyakit jantung, penyakit paru-paru, demam, dan sebagainya.
Penambahan kegiatan dengan early ambulation  harus berangsur-angsur,  jadi bukan maksudnya ibu segera  setelah  bangun dibenarkan mencuci, memasak, dan sebagainya.

3.   Eliminasi
a.    Buang Air Kecil
Ibu diminta untuk buang air kecil (miksi) 6 jam postpartum. Jika dalam 8 jam postpartum belum dapat berkemih atau sekali berkemih belum melebihi 100 cc, maka dilakukan kateterisasi. Akan tetapi, kalau ternyata kandung kemih penuh, tidak menunggu 8 jam untuk kateterisasi.
Berikut ini sebab-sebab terjadinya kesulitan berkemih (retensio urine) pada ibu postpartum.
1.      Berkurangnya tekanan intraabdominal.
2.      Otot-otot perut masih lemah.
3.      Edema dan uretra.
4.      Dinding kandung emih kurang sensitif.
b.   Buang Air Besar
Ibu postpartum diharapkan dapat buang air besar (defekasi) setelah hari kedua postpartum. Jika hari ketiga belum juga BAB, maka perlu diberi obat pemcahar per oral atau per rektal. Jika setelah pemberian obat pencahar masih belum bisa BAB, maka dilakukan klisma (huknah).

4.      Personal Hygiene
Pada masa postpartum, seorang ibu sangat rentan terhadap infeksi. Oleh karena itu, kebersihan diri sangat penting untuk mencegah terjadinya infeksi.  Kebersihan tubuh, pakaian, tempat tidur, dan lingkungan sangat penting untik tetap dijaga.
Langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan diri ibu postpartum adalah sebagai berikut :
1)      Anjurkan kebersihan seluruh tubuh, terutama perineum.
2)      Menganjurkan ibu bagaimana membersihakan daerah kelamin dengan sabun dan air. Pastika ibu mengerti untuk membersihkan daerah di sekitar vulva terlebih dahulu, dari depan ke belakang, kemudian membersihkan daerah sekitar anus. Nasehati ibu untuk membersihkan daerah vulva setiap kali selesai buang air kecil atau besar.
3)      Sarankan ibu untuk mengganti pembalut atau kain pembalut atau kain pembalut setidaknya 2 kali sehari. Kain dapt digunaka ulang jika telah dicuci dengan baik dan di keringkan dibawah matahari dan disetrika.
4)      Sarankan ibu untuk mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah membersihkan daerah kelaminnya.
5)      Jika ibu mempunyai luka episiotomi atau laserasi sarankan kepada ibu untuk menghindari menyentuh daerah tersebut.

5.      Istirahat dan Tidur
Hal-hal yang biasa dilakukan pada ibu untuk memenuhi kebutuhan istirahat dan tidur adalah berikut :
1.      Anjurkan ibu agar  istirahat cukup untuk mencegah kelelahan yang berlebihan.
2.      Sarankan ibu untuk kembali pada kegiatan-kegiatan rumah tangga secara perlahan-lahan, serta untuk tidur siang atau beristirahat selagi bayi tidur.
3.      Kurang istirahat akan mempengaruhi ibu dalam beberapa hal :
a.       Mengurangi  jumlah ASI yang diproduksi
b.      Memperlambat proses involusi uterus dan mamperbanyak perdarahan
c.       Menyebabkan depresi dan ketidakmampuan untuk merawat bayi dan dirinya sendiri

6.      Aktivitas Seksual
Aktivitas seksual yang dapat dilakuakan oleh ibu masa nifas harus memenuhi syarat berikut ini:
1.      Secara fisik aman untuk memelai hubungan suami istri begitu darah merah berhenti dan ibu dapat memasukkan satu-satu dua jarinya kedalam vagina tanpa rasa nyeri, maka ibu aman untuk memulai melakukan hubungan suami istri kapan saja ibu siap.
2.      Banyak budaya yang mempunyai tradisi menunda hubungan suami istri sampai masa waktu tertentu, misalnya setelah 40 hari atau 6 minggu setelah persalinan. Keputusan ini bergantung pada pasangan yang bersangkutan.

7.      Latihan dan senam nifas
Setelah persalinan terjadi involusi pada hampir seluruh organ tubuh wanita. Involusi ini sangat jelas terlihat pada alat-alat kandungan. Sebagai akibat kehamilan di dinding perut menjadi lembek dan lemas disertai adanya striae gravidarum yang membuat keindahan tubuh akan sangat terganggu. Oleh karena itu,mereka akan selalu berusaha untuk memulihkan dan mengencangkan keadaan dinding perut yang sudah tidak indah lagi. Cara untuk mengembaliokan betuk tubuh menjadi indah dan langsing seperti semula adalah dengan melakukan latihan dan senam nifas untuk itu beri penjelasan pada ibu tentang beberapa hal berikut ini:
1.      Diskusikan pentingnya otot-otot perut dan panggul agar kembali normal, karena hal ini akan membuat ibu merasa lebih kuat dan ini juga menjadikan otot perutnya  menjadi kuat, sehingga mengurangi rasa sakit pada punggung:
2.      Jelaskan bahwa latihan tertentu beberapa menit setiap hari sangat membantu.
a.       Dengan tidur terlentang dan lengan disamping, tarik otot perut selagi menarik napas, tahan napasa dalam, angkat dagu kedada, tahan mulai hitungan satu sampai lima. Rileks dan ulangi sebanyak sepuluh kali
b.      Untuk memperkuat tonus otot jalan lahir dan dasar panggul bukanlah latiham keagel
3.      Berdiri dengan tungkai dirapatkan. Kencangkan otot bokong dan pinggul, tahan sampai lima hitungan. Relaksasi otot dan ulangi latihan sabanyak lima kali.
4.      Mulai mengerjakan lima kali latihan untuk setiap gerakan. Setiap minggu naikkan jumlah latihan 5 kali lebih banyak. Pada minggu keenam setelah persalinan ibu harus mengerjakan setiap gerakan sebanyak 30 kali.

sumber : 
Saifudin, A.B dkk (2002)  Buku Panduan Praktis Pelayanan Kesehatan Maternal Neonatal, YBPSP, Jakarta dan berbagai sumber lainnya

Post a Comment