4/14/2012

Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

KETIKA KITA BERLIBUR KE GUCI TEGAL


GUCI, TEGAL.. REKOMENDASI BAGUS  UNTUK LIBURAN..  

Beberapa waktu lalu, saya n sahabat menghabiskan waktu 3 hari 2 malam. yah.. hitung2 sebagai acara perpisahan setaelah wisuda DIII Kebidanan.
6, 7, 8 Nov 2011
Acaranya kami pergi ke tegal, ke GUCI tepatnya, awalnya karna salah satu diantara kami berdelapan memang rumahnya di Tegal, jadi alhasil demi keefektifan dan efisiensi (hemat beb ) kami semua menginap di rumah sahabatku tersebut. Keluarganya welcome sekali, terutama adeknya masih kelas 1 SD, lucu banget n mudah akrab.
Setelah menghabiskan liburan di sana dapat disimpulkan bahwa GUCI cukup menyenangkan untuk jadi tujuan wisata yang patut dikunjungi.
with them ....




Beberapa tempat yang kami  kunjungi adalah :

1.  Pemandian air panas
Pemandian air panas Guci terletak di kaki gunung Slamet, tepatnya di Kabupaten Tegal Jawa Tengah, yang
hebatnya, pengunjung akan di suguhi oleh suasana alam yang segar, air jernih, pemandangan elok, udara bersih dan keramahan penduduk setempat, serta sepanjang perjalanan menuju lokasi kita akan melewati persawahan, perkebunan sayur dan bawang merah yang berada di kanan dan kiri jalan.

Menurut cerita, air panas Guci ini berasal dari air yang diberikan Walisongo kepada orang yang mereka utus untuk menyiarkan agama Islam ke Jawa Tengah bagian barat di sekitar Tegal. Air yang ditempatkan di sebuah guci ( poci ) itu mendatangkan berkah kepada warga, sehingga warga menyebut lokasi itu dengan nama Guci. Pada malam Jumat Kliwon, salah seorang sunan menancapkan tongkat saktinya ke tanah. Maka, mengalirlah air panas tanpa belerang yang penuh rahmat. Pemandian Air Panas Guci terletak di Kecamatan Bumi Jawa, di lereng Gunung Slamet bagian utara, berbatasan dengan Kabupaten Brebes dan Pekalongan. Fasilitas yang ada di sekitar pemandian air panas vila dan pemondokan yang berjejer rapi di pinggir jalan
.
Pemandian pancuran 13 adalah lokasi yang paling banyak dikunjungi orang. Disebut begitu karena memiliki pancuran berjumlah tigabelas buah. Pemandian ini bisa dinikmati siapa saja alias tak bayar. Selain itu, berendam di pancuran tujuh merupakan alternatif lainnnya. Di pancuran ini, penduduk desa Guci juga sering mandi entah untuk keperluan mencari berkat maupun untuk menyembuhkan penyakit seperti rematik, koreng atau penyakit kulit lain.

Karna tempat kita menginap tak jauh dari Guci jadi sangat tepat berangkat pagi2, ketimbang berangkat pagi dari luar kota n nyampe di sana udah siang. 

Benar saja disamping masih sepi, hawa dingin sangat cocok saat kita berendam air hangat. 
Ada beberapa pilihan disana, ada pemandian air hangat dengan nuansa asli bebatuan, “free” tdk dipungut biaya, dipojok ada air terjun yg dingin. Karena free biasanya disini sangat ramai dgn org2. Lumayan risi juga klo pake baju basah d kerumunan orang banyak. Tapi yah, emang gitu namanya tempat umum hahaha.. kecuali milik pribadi haha..  
Selain itu ada juga di seberang nya seperti kolam, masih dengan air hangatnya namun dpungut biaya sekita 6rb, karena saat it msh pagi jd msh sepi dan qt leluasa dsana, namun menjelang siang jam 9an mau yg free or byr udah mule sesak.. n udh ckup lama akhirny acara berendam dselesaikan dah, karena bisa kering kulit kalau terlalu lama berendam,

selanjutanya cari makan, Di sepanjang warung makan sederhana disana ada seperti nasi dibungkus daun pisang kayak “lontong” tapi bukan, hehe gak tahu namanya dan menu lainnya mi rebus dkk gak ada makanan yang special dan ada pula sayur-sayuran dan buah-buahan yang dijual keliling.



Bagi yang suka accessories, ada juga beberapa pedagang di sepanjang jalan yang jualan pernak pernik..  



2. Cafe Strawberry
Setelah bilas sekalian mandi dang anti baju,  kita langsung mampir ke kebun strawberry yang menawrakan fasilitas untuk memetik atau makan di tempatnya.. Surga nih buat strawberry lover.
Setelah memilih salah satu kebun, kita mulai deh bernarsis ria n mule petik2 g jelas haha..




 3. IKAN BAKAR
Banyak RM dengan menu ikan bakar di sepanjang jalan, jadi malamnya kita makan deh mpe kenyang. Segala macam ikan dipesan, bawal, nila, gurame.






  4. PEMANDANGAN ALAM
Karena wktu yang cukup singkat g bs berlama2 lagi huhu. Sebelum pulang kita sempetin          liat2
pemandangan khas pegunungan asri, wah vitamin banget buat mata. Pemandangan hijau dengan udara segar yang kontras dengan kota-kota besar padat penduduk saat ini haha.
Narsis tetep....

Waktu tep berjalan dan akhirnya qt lanjutkan perjalan pulang ke semarang, sambil mampir ke masjid n sempet mampir ke pekalongan cari batik, bisa cewek demen shoping .. hahhahaa
Mungkin masih banyak tempat wisata lagi di tegal yg bagus, tp karena memang g punya banyak waktu, cuma beberapa tempat  itulah yang bisa kita kunjungi.


Hidup itu indah
Teman banyak itu indah
Mensyukuri segala hasil ciptaan Tuhan itulah keindahan yang hakiki

         Special greeting for my best friends..
I miss u all : puput ( yang bersedia rumahnya di obrak abrik ) n family, lisa, Ucil, lisa, liana, anitha, lisma, neneng, coco
Jazakumullah khairan khatsiron …





+ komentar + 3 komentar

Anonymous
July 11, 2012 at 2:03 AM

:-q

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal
December 1, 2013 at 8:01 PM

aku juga baru kemarin ke guci

Terimakasih Revry Santoso atas Komentarnya di Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal
February 2, 2015 at 12:11 AM

Boleh share ke saya, letak perkebunan strawberry nya sebelah mana ya?
Tq

Terimakasih Sakura atas Komentarnya di Wisata Pemandian Air Panas Guci Tegal

Post a Comment