7/20/2012

Kontrasepsi Darurat Pil


KONDAR PIL




a.    Pengertian

Kontrasepsi yang dapat mencegah kehamilan bila digunakan segera setelah hubungan seksual tanpa perlindungan. Hal ini sering disebut “kontrasepsi pasca senggama” atau “morning after pill” atau “morning after treatment”.  (Saifuddin, 2006, h. U-61)


b.    Jenis kondar pil

cara
Merk dagang
Dosis
Waktu pemberian
Pil kombinasi dosis tinggi
Microgynon 50
Ovral
Neogynon
Nordiol
Eugynon
2x2 tablet
Dalam waktu 3 hari pascasenggama, dosis kedua 12 jam kemudian
Dosis rendah
Microgynon 30
Mikrodiol
Nordette
2x4 tablet
Dalam waktu 3 hari pascasenggama, dosis kedua 12 jam kemudian
Progestin
Postinor-2
2x1 tablet
Dalam waktu 3 hari pascasenggama, dosis kedua 12 jam kemudian
Estrogen
Lynoral
Premarin
progynova
2,5 mg/dosis
10 mg/dosis
10 mg/dosis
Dalam waktu 3 hari pascasenggama, 2x1 dosis selama 5 hari
Mifepristone
RU-486
1x600 mg
Dalam waktu 3 hari pascasenggama
Danazol
Danocrine
Azol
2x4 tablet
Dalam waktu 3 hari pascasenggama, dosis kedua 12 jam kemudian
(Saifuddin, 2006, h. U-62)

Kontrasepsi Darurat Pil
Contoh Pil Kondar



c.    Manfaat

Sangat efektif (tingkat kehamilan < 3%). (Saifuddin, 2006, h. U-62)

d.    Keterbatasan

§   Pil kombinasi hanya efektif jika digunakan dalam 72 jam sesudah hubungan seksual tanpa perlindungan.
§   Pil kombinasi dapat menyebabkan nausea, muntah, atau nyeri payudara. (Saifuddin, 2006, h. U-62)


e.    Indikasi

Indikasi kontrasepsi darurat adalah untuk mencegah kehamilan yang tidak dikehendaki.
§   Bila terjadi kesalahan dalam pemakaian kontrasepsi seperti:
*        Kondom bocor, lepas atau salah menggunakannya.
*        Difragma pecah, robek atau diangkat terlalu cepat.
*        Kegagalan senggama terputus (misalnya ejakulasi di vagina atau pada genitalia eksterna)
*        Salah hitung masa subur.
*        AKDR ekspulsi
*        Lupa minum pil KB lebih dari 2 tablet
*        Terlambat lebih dari 2 minggu untuk suntik KB.
§   Perkosaan.
§   Tidak menggunakan kontrasepsi. (Saifuddin, 2006, h. U-63)


f.     Kontraindikasi

Hamil atau disangka hamil.


g.    Efek samping

§   Mual, muntah : perlu konseling. Jika muntah terjadi dalam 2 jam sesudah penggunaan pil pertama atau kedua, dosis ulangan perlu diberikan.
§   Perdarahan / bercak : sekitar 8% klien dengan kontrasepsi oral kombinasi mengalami bercak – bercak. Sekitar 50% mendapat haid pada waktunya bahkan lebih awal. (Saifuddin, 2006, h. U-63)

+ komentar + 7 komentar

September 29, 2013 at 8:33 AM

boleh tanya? saya biasa pakai kondom dengan suami.. tapi kemarin kami lupa. kemudian saya tanya teman saya yang seorang bidan katanya bisa pakai proginova dengan dosis 2 tablet sekali minum sehari. benarkah itu? kok beda dengan tabel diatas.. oiya, yang saya beli ini proginova 1mg..adanya itu di apotik.. salah ya?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Kontrasepsi Darurat Pil
September 29, 2013 at 8:38 AM

oh, satu lagi.. saya sudah terlanjur minum proginova kemarin malam jam 20.15 2 tabs @1mg. saya ulang hari ini di jam yg sama 2 tabs @1mg. salah kah? kalau salah, boleh ndak kalau langsung saya ganti dengan postinor2 ? akan ada efek sampingnya kah jika langsung saya ganti? terimakasih.. mohon dijawab cepat..

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Kontrasepsi Darurat Pil
September 29, 2013 at 8:17 PM

Postinor yang isi 2 tablet saja.. maksimal pemakaian 3 hari setelah hubungan suami istri.
pil pertama diminum, 12 jam berikutnya pil kedua. Tapi perhatikan efek sampingnya.

September 30, 2013 at 9:36 PM

Lngsung ganti postinor saja, progynova harusnya 10mg/dosis

October 6, 2013 at 1:19 PM

Permisi bu dokter, saya tadi malam berhubungan dan ternyata kondom robek. saya ingin coba postinor tapi karena harus pakai resep dan sudah malam pula, saya beli microgynon yang 0.15 mg levonorgestrel- 0.03 mg ethinylestradiol dan saya suruh istri saya minum 5 kira-kira 2 jam pasca senggama. Apa itu sudah benar?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Kontrasepsi Darurat Pil
Anonymous
November 25, 2013 at 6:40 AM

kalau microgynon lingkar biru bisa dijadikan kondar? dosisnya brapa tablet setelah senggama 2 hari lalu

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di Kontrasepsi Darurat Pil
December 26, 2013 at 6:25 PM

Bu, saya coba pakai mikrodiol, apakah dengan dosis yang tepat, khasiatnya akan sama seperti postinor?
Atau saya coba saja postinor walaupun sudah meminum mikrodiol?

Terimakasih Unknown atas Komentarnya di Kontrasepsi Darurat Pil

Post a Comment