7/05/2012

PENGERTIAN NIFAS DAN TUJUAN ASUHAN MASA NIFAS

      PENGERTIAN MASA NIFAS

PENGERTIAN NIFAS DAN TUJUAN ASUHAN MASA NIFAS
Puerperium
   1. Masa nifas (puerperium) adalah masa setelah keluarnya placenta sampai alat-alat reproduksi pulih seperti sebelum hamil dan secara normal masa nifas berlangsung selama 6 minggu atau 40 hari (Ambarwati, 2010)
    2.Periode post natal adalah waktu penyerahan dari selaput dan plasenta (menandai akhir dari periode intrapartum) menjadi kembali ke saluran reproduktif wanita pada masa sebelum hamil. Periode ini juga disebut puerperium
(Varney, 1997, hal. : 549).
3.      Masa nifas adalah masa sesudah persalinan dan kelahiran bayi, plasenta, serta selaput yang diperlukan untuk memulihkan kembali organ kandungan seperti sebelum hamil dengan waktu kurang lebih 6 minggu (Saleha, 2009).
4.      Masa nifas atau puerperium adalah masa setelah partus selesai sampai pulihnya kembali alat-alat kandungan seperti sebelum hamil. Lamanya masa nifas ini yaitu kira-kira 6-8 minggu (Abidin, 2011).
5.      Masa nifas adalah masa sesudah persalinan, masa perubahan, pemulihan, penyembuhan dan pengembalian alat-alat kandungan. Proses masa nifas berkisar antara 6 minggu atau 40 hari (Jenny Sr, 2006, hal. : 7).
6.      Masa nifas atau puerperium dimulai sejak 1 jam setelah lahirnya placenta sampai dengan 6 minggu (42 hari) setelah itu (Saifuddin, 2009).
7.      Masa nifas adalah masa dimulai beberapa jam sesudah lahirnya plasenta sampai 6minggu setelah  Melahirkan (Pusdiknakes, 2003:003).2.
8.      Masa   nifas dimulai setelah Kelahiran plasenta dan berakhir ketika alat-alat Kandungankembali seperti keadaan sebelum Hamil  yang berlangsung kira-kira 6 minggu. (AbdulBari,2000:122).3.
9.      Masa nifas  merupakan masa selama Persalinandan segera setelah Kelahiranyangmeliputi minggu-minggu berikutnya pada waktu  Saluran reproduksi kembali ke keadaantidak Hamil yang  Normal(F.Gary cunningham,Mac Donald,1995:281).4.
10.  Masa nifas  adalah masa setelah seorang ibu Melahirkan bayi yang dipergunakan untuk memulihkan kesehatannya kembali yang umumnya memerlukan waktu 6- 12 minggu. (Ibrahim C, 1998)

TUJUAN ASUHAN MASA NIFAS

Asuhan masa nifas diperlukan dalam periode ini karena merupakan masa kritis baik ibu maupun bayinya. Diperkirakan 60% kematian ibu akibat kehamilan terjadi setelah persalinan dan 50% kematian masa nifas terjadi dalam 24 jam pertama.
Masa neonatus merupakan masa kritis bagi kehidupan bayi, 2/3 kematian bayi terjadi dalam 4 minggu setelah persalinan dan 60% kematian BBL terjadi dalam waktu 7 hari setelah lahir. Dengan pemantauan melekat dan asuhan pada ibu dan bayi pada masa nifas dapat mencegah beberapa kematian ini.
Tujuan asuhan masa nifas normal dibagi 2 yaitu :
Tujuan umum
Membantu ibu dan pasangannya selama masa transisi awal mengasuh anak.
Tujuan khusus
Menjaga kesehatan ibu dan bayi baik fisik maupun psikologisnya.
Melaksanakan skrining yang komprehensif, Mendeteksi masalah, mengobati atau merujuk bila terjadi komplikasi pada ibu dan bayinya.
Memberikan pendidikan kesehatan, tentang perawatan kesehatan diri, nutrisi, KB, menyusui, pemberian imunisasi dan perawatan bayi sehat.
Memberikan pelayanan keluarga berencana.
 (Syaifuddin, 2002, hal. : 122).


+ komentar + 1 komentar

Anonymous
October 20, 2012 at 7:30 AM

http://www.cute-factor.com/images/smilies/onion/4412144b.gif thank you min http://www.cute-factor.com/images/smilies/onion/th_101_.gif

Terimakasih Anonymous atas Komentarnya di PENGERTIAN NIFAS DAN TUJUAN ASUHAN MASA NIFAS

Post a Comment