7/05/2012

Cara Merawat Payudara Yang Mudah


Cara merawat payudara

Bagi sebagian ibu, aktivitas menyusui kerap dihubungkan dengan keindahan payudara. Alasan inilah yang membuat para ibu berlama-lama menyusui.
Berikut ini kiat masase payudara yang dapat ibu praktekkan sejak hari ke 2 setelah melahirkan, sebanyak 2 kali sehari.
1.  Cucilah tangan sebelum memasase. Lalu tuangkan minyak kedua belah tangan secukupnya. Pengurutan dimulai dengan ujung jari, caranya sokong payudara kiri dengan tangan kiri. Lakukan gerakan kecil dengan dua atau tiga jari tangan kanan, mulai dari pangkal payudara dan terakhir dengan gerakan spiral pada daerah putting susu.
2.    Buat gerakan memutar sambil menekan dari pangkal payudara dan berakhir pada putting susu di seluruh bagian payudara. Lakukan gerakan seperti ini pada payudara kanan.
3.   Letakkan kedua telapak tangan diantara kedua payudara. Urutlah dari tengah ke atas sambil mengangkat kedua payudara dan lepaskan keduanya perlahan. Lakukan gerakan ini kurang lebih 30 kali. Variasi lainnya adalah gerakan payudara kiri dengan kedua tangan, ibu jari di atas dan empat jari lainnya di bawah. Peras dengan lembut payudara sambil meluncurkan kedua tangan ke depan ke arah putting susu. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan.
4.   Sangga payudara dengan satu tangan, sedangkan tangan lain mengurut payudara dengan sisi kelingking dari arah pangkal payudara kea rah putting susu. Lakukan gerakan ini sekitar 30 kali. Setelah itu letakkan satu tangan disebelah atas dan satu lagi di bawah payudara. Luncurkan kedua tangan secara bersamaan kea rah putting susu dengan cara memutar tangan. Ulangi gerakan ini sampai semua bagian payudara terkena urutan.
5.    Semua gerakan ini bermanfaat melancarkan refleks pengeluaran ASI. Selain itu juga merupakan cara efektif meningkatkan volume ASI. Terakhir yang tak kalah penting, yaitu mencegah bendungan ASI.


Jaga selalu kebersihan payudara anda untuk masa depan anda dan anak anda....

Cara Merawat Payudara Yang Mudah

Post a Comment