7/04/2012

Reportase Investigasi Nugget ikan dan udang busuk




Apakah keluarga anda termasuk penggemar nugget ??

Saya rasa pasti sebagian besar orang mengatakan "YA".
Nugget yang pertama dibuat adalah dari daging ayam diciptakan pada tahun 1950 oleh Robert C. Baker, seorang profesor ilmu makanan di Amerika Serikat. Dan berkembang pesat di berbagai negara hingga sekarang.
Reportase Investigasi Nugget ikan dan udang busuk
Nugget

Banyak jenis nugget yang kita temui, tidak hanya berbahan dasar dari daging ayam namun berkembang hingga nugget yang berbahan dasar daing sapi, ikan hingga udang.

Namun, 
Di Indonesia seiring perkembangannya ternyata juga terdapat nugget yang berbahaya bagi kesehatan di pasaran. Seperti yang diungkapkan di tayangan TV yang saya tonton saat itu bahwa ada produsen nugget yang curang. Salahsatunya Sium (nama disamarkan) yang membuat nugget tidak layak makan pasalnya dirinya menambahkan beberapa zat berbahaya ke dalam proses pembuatan nuggetnya.

Pada prosesnya setiap kali membuat nugget Sium menggunakan bahan dasar ikan dan udang yang hampir busuk. Bahkan jika tidak ada daging ikan, Sium terkadang kepala ikanpun jadi. Bahan tersebut dia bersihkan tapi dengan ala kadarnya. 
Bahan tersebut dihaluskan dan dicampur pada setiap 5 kg adonan ditambah setengah kilogram borak.
Lalu Sium menambahkan pewarna tekstil ke dalam nuggetnya dan juga pada tepung roti dalam jumlah serampangan, hal ini bertujuan agar tampilan nugget menjadi kuning terang.

Tidak peduli bahwa bahan yang digunakan berbahaya.
Tidak peduli bahwa nugget buatannya juga dikonsumsi oleh keluarganya sendiri.

Sium melakukkannya untuk menekan biaya produksi dan agar nuggetnya bisa dijual dengan murah karena pembelipun seringkali hanya mencari yang murah tanpa memperdulikan apakah berbahaya bagi kesehatan atau tidak. 
Setahun sudah Sium menekuni pekerjaannya tersebut. Untuk menjaga rahasia bahkan Sium tidak pernah memperkejakan karyawan.
Nugget buatannya dipasarkan ke 3-5 toko, Salah satu pelanggan setianya adalah pedagang sayur keliling. 
Sium mempelajari cara ini tersebut dari produsen yang lebih besar tempat dirinya bekerja sebelumnya. Itu artinya peredaran nugget berbahaya ini semakin luas. Krena pada industri yang lebih luas tersebut setiap harinya menghabiskan bahan dasar hingga 1 kwintal dengan harga 3 ribu per kantong yang berisi 10 nugget.

Dilakukan uji lab di laboratorium Univ. Pasundan
dengan sampel utama milik Sium dan Industri besar tsb dan 9 sampel acak termasuk 2 sampel dengna merk terkenal yang semuanya didapat di pulau Jawa.

Sebenarnya kandungan gizi dalam nugget sangatlah baik yaitu sebagai sumber protein hewani, namun sayangnya terdapat oknum pembuat nugget yang tidak layak konsumsi. Psalnya didapatkan hasil sebagai berikut :
2 sampel utama positif mengandung borak dan beberapa sampel acak juga positif berborak
selanjutnya uji pewarna non pangan didapat 2 sampel utama dan 2 sampel acak positif mengandung pewarna tekstil. 



Berikut tips membedakan nugget yang sehat dan berbahaya





  Nugget Baik/sehat
Nugget Berbahaya
Mudah hancur saat ditekan


Terasa kenyal

1-2 hari dalam suhu ruangan sudah mulai berubah bau dan mulai berlendir

Dapat bertahan hingga 4 hari

Terpisah antara daging dan tepung




Setelah dioreng warna kecoklatan



Beraoma bahan dasar seperti daging
Tampak jadi satu antara daging dan tepung


Setelah digoreng warna semakin kuning tajam


Tidak beraroma










Jadi,  jangan pernah menurunkan standar untuk apa yang anda dan keluarga konsumsi. Kesehatan sangat mahal harganya.............









  
Sumber : Reportase Investigasi, TRANS TV,

Sabtu, 30 Juni 2012

Ditulis Oleh :  Bidan Diah

Post a Comment