7/05/2012

Perubahan Endokrin Pada Masa Nifas

 Perubahan Endokrin


a.    Hormone placenta
 Selama periode pasca partum terjadi perubahan hormone yang besar. Pengeluaran placenta menyebabkan penurunan signifikan hormone-hormone yang diproduksi oleh placenta. Hormone placenta menurun dengan cepat setelah persalinan.
Penurunan hormone human placental lactogen(HPL),esterogen dan progesterone serta placental enzyme insulinase membalik efek diabetogenik kehamilan,sehingga kadar gula darah menurun secara bermakna pada nifas. Ibu diabetic biasanya membutuhkan insulin dalam jumlah yang jauh lebih kecil selama beberapa hari. Karena perubahan hormone ini membuat masa nifasmenjadi suatu periode transisi untuk metabolism karbohidrat,interprestasi tes toleransi glukopsa lebih sulit pad saat ini.
Human Chorionic Gonadotropin (HCG) menurun dengan cepat dan menetap sampai 10% dalam 3 jam hingga hari ke-7 postpartum dan sebagai onset pemenuhan mamae pada hari ke-3 postpartum.
b.    Hormone Pituitary
   Prolaktin darah meningkat dengan cepat,pada wanita tidak menyusui menurun dalam waktu 2 minggu.FSH dan LH meningkat  pada fase konsentrasi folikuler pada minggu ke-3,dan LH tetap rendah hingga ovulasi terjadi.
c.    Hormone oksitosin
Oksitosin dikeluarkan dari kelenjar bawah otak bagiab belakang (posterior) bekerja terhadap otot uterus dan jaringan payudara. Selama tahap ketiga persalinan,oksitosin menyebabkan pemisahan placenta. Kemudian seterusnya bertindak atas otot yang menahan kontraksi, mengurangi tempat placenta dan mencegah perdarahan. Pada wanita yang memilih menyusui bayinya,isapan sang bayi merangsang kelurany oksitosin lagi dan ini membantu uterus kembali ke bentuk normal dan pengeluaran air susu.
d.    Hipotalamik pituitary Ovarium
Untuk wanita yang menyusui dan tidak menyusui akan mempengaruhi lamanya ia mendapatkan menstruasi. Seringkali menstruasi pertama bersifat anovulasi yang dikarenakan rendahnya kadar esterogen dan progesterone. Diantara wanita laktasi sekitar 15% memperoleh menstruasi selama 6 minggu dan 45% setelah 12 minggu. Diantara wanita yang tidak laktasi 80% menstruasi pertama anovulasi dan untuk wanita yang tidak laktasi 50% silkus pertama anovulasi.



Untuk mengetahui selengkapnya mengenai perubahan fisiologis pada masa nifas klik [DISINI]


Perubahan Endokrin Pada Masa Nifas

REFERENSi
Saleha, 2009. Asuhan Kebidanan Pada Masa Nifas. Jakarta: Salemba Medika.

+ komentar + 1 komentar

March 17, 2013 at 12:16 AM

kalau perubahan sistem endokrim masa persalinan apa? ada tugas nii .. =(( :l

Terimakasih sharing bersama atas Komentarnya di Perubahan Endokrin Pada Masa Nifas

Post a Comment