7/11/2012

Perubahan fisiologis dan psikologis pada kala 1


Perubahan fisiologis dan psikologis pada kala 1

1.    Perubahan fisiologis
a.    Tekanan Darah 
       Tekanan darah meningkat selama terjadinya kontraksi (sistolik rata-rata naik 15 (10-20) mmHg, diastolik 5-10 mmHg). Antara kontraksi, tekanan darah kembali normal pada level sebelum persalinan. Rasa sakit, takut dan cemas juga akan meningkatkan tekanan darah.
b.    Metabolisme
       Metabolisme karbohidrat aerob akan meningkat secara berangsur disebabkan karena kecemasan dan aktifitas otot skeletal. Peningkatan ini ditandai dengan adanya peningkatan suhu tubuh, denyut nadi, kardiak output, pernafasan dan cairan yang hilang.
c.    Suhu tubuh
       Karena terjadi peningkatan metabolisme, maka suhu tubuh sedikit meningkat selama persalinan. Peningkatan ini jangan melebihi 0.5ºC sampai dengan 1ºC.
d.    Detak jantung
       Berhubungan dengan peningkatan metabolisme, detak jantung secara dramatis naik selama kontraksi. Antara kontraksi, detak jantung sedikit meningkat dibandingkan sebelum persalinan.
e.    Pernafasan
       Karena terjadi peningkatan metabolisme, maka terjadi sedikit peningkatan laju pernafasan yang dianggap normal. Hiperventilasi yang lama dianggap tidak normal dan bias menyebabkan alkalosis.
f.     Perubahan pada ginjal
       Poliuria sering selama pada persalinan, mungkin disebabkan oleh peningkatan kardiak output, peningkatan filtrasi glomerullus dan peningkatan plasma ginjal. Proteinuria yang sedikit dianggap biasa dalam persalinan.
g.    Perubahan gastrointestinal
       Motilitas lambung dan absorpsi makanan padat secara subtansial berkurang banyak sekali selama persalinan. Selain itu, pengeluaran getah lambung berkurang, menyebabkan aktifitas pencernaan hampir berhenti, dan pengosongan lambung menjadi sangat lamban. Cairan tidak berpengaruh dan meninggalkan perut dalam tempo yang biasa. Mual atau muntah biasa terjadi sampai ibu mencapai akhir Kala I.
h.    Perubahan hematologi
       Hemoglobin meningkat sampai 1.2 gram/100 ml selama persalinan dan akan kembali pada tingkat seperti sebelum persalinan sehari setelah pasca salin kecuali adan perdarahan postpartum.
2.      Perubahan psikologis
       Beberapa keadaan dapat terjadi pada ibu dalam persalinan, terutama pada ibu yang pertama kali melahirkan sebagai berikut :
a.    Perasaan tidak enak
b.    Takut dan ragu akan persalinan yang akan dihadapi.
c.    Sering memikirkan antara lain :
1)    Apakah persalinan berjalan normal.
2)    Menganggap persalinan sebagai percobaan.
3)    Apakah penolong persalinan dapat sabar dan bijaksana dalam  menolongnya.
4)    Apakah bayinya normal apa tidak.
5)    Apakah ia sanggup merawat bayinya
d.    Ibu merasa cemas
(Pusdiknakes, 2003)


Perubahan fisiologis dan psikologis pada kala 1

Post a Comment